Calon Bupati dan Masa Depan Meubel Ukir Jepara

Ahmad Mustofa*)

 

Calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara 2012-2017

KPU Kabupaten Jepara pada hari Kamis 15 Desember 2011 melalui rapat pleno terbuka telah menetapkan Nomor Urut empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara pada Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2012, pasangan nomor urut satu Ahmad Marzuqi-Subroto, pasangan nomor urut dua Khaeron Syariefuddin-Ahmad Jakfar, pasangan nomor urut tiga Nur Yahman-Aris Isnandar, dan pasangan nomor urut empat Yuli Nugroho-Nuruddin Amin.

Masyarakat Kabupaten Jepara sejak tanggal 15 Desember 2011 telah mempunyai empat pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara yang akan berlaga pada Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2012 hari Ahad 29  Januari 2012. Untuk menuju 29 Januari 2012 ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh para pasangan calon sebelum mengikuti tahapan masa kampanye tanggal 12 Januari 2012 sampai dengan 25 Januari 2012. Ada waktu dua puluh tujuh hari sejak tanggal 15 Desember 2011 sampai dengan 11 Januari 2012 para pasangan calon dapat melakukan sosialisasi semaksimal mungkin untuk mengenalkan pasangan calon kepada masyarakat Kabupaten Jepara melalui berbagai media dan berbagai cara. Media massa cetak dan elektronik belum banyak dimanfaatkan oleh pasangan calon. Para pasangan calon dapat memanfaatkan media cetak untuk melakukan sosialisasi pencalonannya secara maksimal, masyarakat sangat butuh informasi, masyarakat butuh sosialisasi, masyarakat butuh kejelasan, dan masyarakat butuh sentuhan pasangan calon.

Potensi Meubel Ukir Jepara

Para Pasangan Calon dapat menuliskan sumbangan pemikiran untuk meningkatkan pemasaran produk ukir Jepara di Indonesia dan dunia Internasional.Perlu sekali pemikiran tentang inovasi dan terobosan dalam meningkatkan usaha dibidang ukir Jepara.Curahan pikiran para calon sangat dinanti masyarakat Jepara sebagai komitmen dan kepedulian terhadap asset yang telah dipunyai Kabupaten Jepara sejak masa Sungging Badar Duwung datang ke Jepara.Ragam hias Jepara sebagai salah satu motif klasik yang sampai sekarang masih bertahan dan sudah terbukti digandrungi di Indonesia maupun mancanegara. Sebagi bukti, Pendopo Kabupaten Jepara menampilkan ornament kuat motif Jepara yang menjadikan salah  satu Pendopo Kabupaten terbaik di Indonesia, Masjid Besar Baitul Makmur Jepara terukir indah motif Jepara membuat setiap jamaah yang datang membawa kesan mendalam makna Jepara tempo dulu dan masa kini yang merupakan paduan nilai religi dan keindahan motif Jepara. Kaligrafi Arab yang indah dan paduan motif Ukir Jepara yang memikat menjadi ciri khas Masjid Baitul Makmur Jepara di tengah-tengah arus modern sekarang ini. Perlu pemikiran yang mendalam dan semangat yang kuat akar motif Ukir Jepara menjadi tuan rumah di Kabupaten sendiri dan jawara di Indonesia dan mancanegara.

Museum Ukir Jepara

Kota Ukir, itulah sebutan populer Kota Jepara yang terkenal seantero dunia karena karya-karya ukirnya yang telah membanjiri pasar di negara-negara Asia, Australia, Amerika, Eropa, dan Afrika. Nampaknya ada sesuatu yang belum terwujud dalam mengamankan asset besar Ukir Jepara yang disadari atau tidak bila tidak diwujudkan di Kabupaten Jepara suatu saat Ukir Jepara tinggal cerita, suatu saat Ukir Jepara tinggal sejarah, dan anak-anak kita tidak akan mengerti bagaimana keindahan Ukir Jepara. Salah satu yang menghilang adalah pengrajin Meubel Ukir Jepara yang mengerjakan “Kursi Gajah” dan “Kursi Antik” sekarang sudah tidak ada lagi. Hanya cerita bahwa dulu di Jepara pernah ada yang namanya “Kursi Gajah” begitu juga “Kursi Antik” tapi “Kursi Gajah” dan “Kursi Antik” itu seperti apa dan bagaimana, anak-anak sekarang tidak tahu bentuk dan rupanya.

Oleh karena itu perencanaan pembangunan Museum Ukir Jepara mestinya menjadi perhatian serius para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2012.Kita tunggu program unggulan para pasangan calon dalam mengembangkan Meubel Ukir Jepara dengan salah satunya dengan merencanakan membangun Museum Ukir Jepara. Kita berkeinginan bahwa Mesuem Ukir Jepara dapat mengoleksi semua jenis ukiran di Kabupaten Jepara dari barang-barang yang bermotif klasik sampai bermotif modern, Relief Senenan, Kursi Monaco Sukodono, Kursi Gajah Tegalsambi, Macan Kurung Blakanggunung Mulyoharjo, Ukiran Sono Jati Semat, Bufet Kuda Mantingan, dan masih banyak lagi produk Meubel Ukir Jepara yang tidak mungkin disebutkan satu per satu.

Meubel Ukir Jepara merupakan urat nadi kehidupan perekonomian sebagaian besar masyarakat Kabupaten Jepara.Kalau Meubel Ukir Jepara meningkat maka pendapatan yang dicapai masyarakat Jepara juga meningkat, kalau Meubel Ukir Jepara menurun maka pendapatan masyarakat Jepara juga menurun.Tingkat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jepara sebagian besar ditentukan oleh meningkatnya Meubel Ukir Jepara.

Dengan demikian para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara pada Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2012 harus berpikir realistis untuk kemajuan Meubel Ukir Jepara, agar kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jepara meningkat. Program-program pasangan calon harus berorientasi untuk Meubel Ukir Jepara agar kemajuan dan pengembangan serta terobasan pasar-pasar baru dunia dapat dicapai pada masa lima tahun yang akan datang.

Siapapun pemenangnya adalah Bupati Jepara, dan siapaun pemenangnya Meubel Ukir Jepara harus maju.

*) Anggota KPU Kabupaten Jepara

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: