Masa Depan Jepara Ada Di Tangan Pemilih


Daftar PemilihTetap

Data Pemilih Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 837.202 orang telah diserahkan Pemerintah Kabupaten Jepara kepada KPU Kabupaten Jepara pada tanggal 28 Juli 2011 yang lalu sebagai awal proses pemutakhiran data dan daftar pemilih Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2012.  DP4 yang diterima KPU Kabupaten Jepara akan diproses menjadi Data Pemilih (DP) yang selanjutnya akan dimutakhirkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dibantu Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di setiap desa/keluran di Kabupaten Jepara dengan mendatangi rumah-rumah. PPDP akan memberikan tanda terima telah terdaftar sebagai pemilih dan menempel stiker di rumah setiap Kepala Keluarga (KK) yang telah dikunjungi. Dengan kehadiran PPDP door to door dimaksudkan agar setiap warga Jepara yang telah mempunyai hak pilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan akhirnya terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diumumkan pada tanggal 9-10 Desember 2011,  pada Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2012 yang akan datang. Pemungutan suara Pilbup Jepara 2012 pada tanggal 29 Januari 2012 sehingga warga Jepara yang dapat menggunakan hak pilih adalah minimal bertanggal lahir 29 Januari 1995 (berusia 17 tahun) atau belum berusia 17 tahun tetapi sudah kawin/pernah kawin. DPS akan diumumkan PPS kepada masyarakat pada tempat-tempat yang strategis dan dan mudah dikunjungi masyarakat diantaranya di balai desa dan balai kelurahan. Pengumuman DPS 5 -25 Oktober 2011sangat penting untuk dilihat, diamati, dan dicermati oleh masyarakat. Apabila nama pemilih tidak tercantum dalam pengumuman DPS, maka segeralah memberitahukan kepada PPDP dan PPS agar nama yang tidak tercantum dicatat oleh petugas untuk dimasukkan Daftar Pemilih Tambahan (DP Tamb). Kepedulian masyarakat dalam melihat dan mendatangi tempat pengumaman DPS merupakan bagian penting proses penyelenggaran Pilbup Jepara Tahun 2012. Pengalaman pada pemilu-pemilu sebelumnya masyarakat Jepara “kurang peduli” pada pengumuman DPS yang telah dipasang, mereka baru “peduli sekali” dan bahkan marah kepada petugas termasuk kepada KPU Kabupaten Jepara bila pada hari H namanya ternyata tidak tercantum di DPS maupun DPT. PPDP sudah mendatangi dari rumah ke rumah untuk mendata masyarakat yang mempunytai hak pilih, tetapi PPDP juga seorang manusia yang mempunyai kekurangan-kekurangan pada saat mendata dan mengunjungi rumah-rumah masyarakat Jepara. Oleh karena itu “kepedulian” dan “senyum” masyarakat untuk melihat dan mengoreksi  pengumaman DPS, DP Tamb maupun DPTmerupakan tindakan wajar dan seharusnya dilakukan agar bila terjadi kekurangan dapat segera diketahui. Masyarakat yang punya hak pilih yang sudah tercantum di DPS dan akhirnya masuk dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya pada tanggal 29 Januari 2012.

Pemilih menentukan masa depan Jepara

Kehadiran pemilih dalam mengunankan hak pilihnya (turn out) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 29 Januari 2012 sangat menentukan masa depan Jepara pada lima tahun yang akan datang. Kita semua harus berpikir bahwa masa depan Kabupaten Jepara ada di tangan pemilih. Pemilih Jepara yang menyebar di 194 desa/kelurahan (belum termasuk Desa Nyamuk Karimunjawa yang pada saat tahapan dimulai belum resmi menjadi desa). Dua menit di bilik suara pemilih menentukan pilihannya untuk pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara yang akan menjalankan tugas pada masa 2012-2017. Dua menit adalah ukuran waktu yang pendek, akan tetapi dua menit menentukan pemimpin Kabupaten Jepara untuk waktu yang panjang  (lima tahun). Apabila kita semua berpikir bahwa waktu dua menit meninggalkan pekerjaan dan aktifitas sehari-hari dan dilakukan sekali dalam lima tahun untuk pemilu bupati dan wakil bupati, rasanya dua menit menjadi waktu yang amat berharga dan menentukan masa depan Jepara Bumi Kartini. Dibandingkn dengan seluruh aktifitas kita sehari penuh, maka waktu dua menit di bilik suara menjadi waktu yang sangat singkat dan sangat kecil bila dibandingkan seluruh waktu yang kita pakai dalam menikmati hidup dan kehidupan. Setiap hari kita hirup udara Jepara, setiap hari kita menikmati indahnya alam Jepara, setiap hari kita nikamti hasil industry muebel ukir Jepara, setiap hari kita tidur dan tinggal nyaman di tanah kelahiran RA Kartini, tetapi sudahkan kita berpikir bahwa untuk meluangkan waktu dua menit di bilik suara pada tanggal 29 Januari 2012 adalah bagian dari hak kita sebagai warga Jepara untuk menentukan pilihan pada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara periode 2012-217 supaya dapat membawa Kabupaten Jepara lebih baik untuk lima tahun yang akan datang.

Pemilih dan hasil pilihan

Pada pemilihan umum presiden dan wakil presiden, pemilih dan yang dipilih (pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan dipilih)  sangat jauh, antara Jepara dan Jakarta. Untuk pemilihan umum gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, pemilih dan yang dipilih (pasangan calon gubernur dan wakil gubernur) jauh, antara Jepara dan Semarang. Akan tetapi untuk pemilihan umum bupati dan wakil bupati Jepara, pemilih dan yang dipilih (pasangan calon bupati dan wakil bupati) dekat bahkan sangat dekat, karena bisa saudara, tetangga, teman, dan kenalan. Jarak yang dekat dan bahkan dekat sekali sangat menguntungkan pemilih dalam menentukan pilihannya. Pemilih sebelum memilih tentunya harus memahami latar belakang pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan dipilih. Pemilih bisa mendapatkan informasi yang cukup tentang pengalaman organisasi yang telah dijalani pasangan calon selama ini. Pemilih bisa memperoleh kemampuan pasangan calon dalam mengatasi dan menyelesaikan permasalahan yang muncul di Kabupaten Jepara. Pemilih mendapatkan informasi yang jelas dan akurat tentang trade record dan rekam jejak pasangan calon. Pokoknya pemilih lebih dekat dan lebih mudah untuk mendapatkan informasi tentang pasangan calon yang dipihnya. Kedekatan pemilih dengan yang dipilih juga memudahkan masyarakat yang punya hak pilih untuk membandingkan satu pasangan calon dengan pasangan yang lain. Kalau ada pasangan calon bupati dan wakil bupati mempunyai kelebihan-kelebihan dalam pengelolaan di bidang birokrasi dan pemerintahan, sementara ada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mempunyai kelebihan dalam kepemimpinan dan penyelesaian konflik, ada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang  mempunyai kelebihan dalam mengembangkan potensi industri muebel Jepara, dan ada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mempunyai potensi dalam mengembangkan sumber daya alam Jepara, dan tentunya sangat mungkin ada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang sangat peduli terhadap nasib para buruh dan karyawan dalam memperjuangkan haknya dan kesejahteraan dari perusahaan. Pemilih akan mendapatkan banyak referensi positif pada saat sebelum dan sesudah diadakan kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati sebelum akhirnya menentukan pilihan selama dua menit di bilik suara pada tanggal 29 Januari 2012. Bupati dan wakil bupati hasil pilihan merupakan hasil pemilu Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2012 yang akan mengemban tugas tahun 2012-2017. Pasangan manapun yang terpilih adalah bupati dan wakil bupati Jepara pilihan rakyat, kemenangan sejati adalah kemenangan rakyat. Kita semua berkeinginan bahwa dengan terpilihnya bupati dan wakil bupati pilihan rakyat secara langsung akan memberikan legitimasi demokrasi yang kuat sehingga memberikan dukungan yang kuat dalam menjalankan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jepara.

Pemilih yang bertanggungjawab

Setelah memberikan suara di bilik suara tidak lantas selesai tugas pemilih dalam mengawal demokrasi di Kabupaten Jepara. Pemilih yang bertangungjawab akan selalu mengikuti proses perjalanan pelaksanaan birokrasi pemerintah. Memberikan support agar pemerintahan berjalan dengan baik mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Memberikan support dalam pemberantasan korupsi dengan selalu mengawal dan mengevaluasi dalam laporan pertanggungjawaban dan pengajuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pemilih yang bertanggungjawab tidak bisa “tinggal glanggang colong playu” terhadap bupati dan wakil bupati yang telah dipilihnya. Pemilih dapat memberikan masukan dan evaluasi  melalui Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Jepara, bisa disampaikan langsung kepada partai pengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati, dan bisa disampaikan langsung kepada pasangan bupati dan wakil bupati, atau bahkan “bila diperlukan”  dapat disampaikan bersama ormas dan elemen masyarakat agar masukan dan evaluasi mendapatkan tanggapan dan dapat direalisasikan. Pemilih yang bertanggungjawab sudah seharusnya mengawal sejak bupati dan wakil bupati dilantik sampai dialntiknya bupati dan wakil bupati periode berikutnya. Apabila proses kepemimpinan dalam menjalankan tugas bupati dan wakil bupati dapat melaksanakan sesuai perundang-undangan yang berlaku, visi, misi, dan program kerja yang telah dijanjikan pada saat kampanye maka rakyat dapat menikmati kerja mereka, akan tetapi bila bupati dan wakil bupati tidak bisa menjalankan sesuai peraturan perundang-undanggan yang berlaku, visi, misi, dan program pada saat kampanye maka rakyatlah yang dirugikan karena tidak mendapatkan kesejahteraan sebagai warga negara tetapi justru “pendoliman demokrasi” yang merugikan rakyat. Semoga kita dapat memilih pasangan calon bupati dan wakil bupati Jepara yang dapat menjalankan tugas sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku, mensejahterakan rakyat, meningkatkan potensi muebel ukir Jepara, memberantas korupsi, meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan peelayanan kesehatan, memberantas kemiskinan, dan banyak hal yang harus dikerjalan untuk kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Jepara.

Ahmad Mustofa

*) Anggota KPU Kabupaten Jepara

 

2 Tanggapan to “Masa Depan Jepara Ada Di Tangan Pemilih”

  1. […] sangat senang dengan tulisan Pak Ahmad Mustofa (Anggota KPU Jepara) berikut. Selayaknya masyarakat jangan apatis terhadap pilkada. Bayangkan kemungkinan terpilihnya […]

  2. siapapu yg akan menjadi bupati jepara harus membawa kemajuan bagi seluruh rakyat jepara tanpa terkecuali, dan kemajuan untuk persijap.ok…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: