‘Menghitung’ Calon Pemilukada Jepara

Sudah ada berapa calon, siapa saja yang mendaftar ?, Pertanyaan inilah  yang sering dilontarkan masyarakat kepada KPU Jepara akhir-akhir ini. Dan agaknya pertanyaan seputar calon ini akan makin sering ditemui oleh KPU seiring perkembangan tahapan pemilukada ke depan. Ya,  sengat wajar memang, apabila masyarkat sekarang ini sudah mulai bertanya tentang siapa saja yang akan dipilih dalam pemilukada Jepara nanti.

Keinginan  untuk segera mengetahui berapa calon, siapa saja mereka dan bagaimana program-programnya ini, tentu semakin didibutuhkan oleh masyarakat mengingat proses tahapan pemilukada Jepara yang sudah berjalan empat bulan ini, dan itu berarti waktu pelalaksanaannya makin mendekat. Masyarakat yang merasa perlu untuk tahu ini juga menunjukkan bahwa mereka kritis dan peduli terhadap momentum perubahan dalam hajatan demokrasi ini. Mereka pasti membutuhkan persiapan juga untuk menentukan pilihan siapa yang akan memimpin Jepara 5 (lima) tahun mendatang.

Menanggapi pertanyaan seputar pencalonan seperti ini, sebagai penyelenggara, KPU Jepara yang saat ini tengah menjalankan tahapan pemutakhiran daftar pemilih, tentu belum dapat memberikan kepastiannya karena harus menunggu jadwal tahapannya. Hal ini memang harus dapat dipahami, meskipun sesungguhnya sudah banyak nama yang muncul, gambar-gambar baliho terpasang di mana-mana, tahapan pemilukada belum memasuki tahapan pencalonan. Sementara kepastian siapa calon yang benar-benar bakal maju dan mendftar tampaknya saat ini masih berproses di internal partai politik masing-masing,  atau bagi yang maju melalui jalur perseorangan atau independen juga masih  berproses memenuhi persyaratan dukungan.

Sejauh ini nama-nama yang sempat disebut bakal maju memang banyak sekali. Data di Radio R-Lisa, ada lebih dari 28 nama yang terjaring dalam polling masyarakat yang diadakan oleh radio swasta tersebut. Bahkan nama-nama yang terjaring ini dalam kesempatan acara Talkshow dan beberapa kesempatan lainnya telah mengkonfirmasi kesediannya untuk maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati dalam pemilukada nanti.

Sementara dalam perencanaan KPU terkait dengan penganggaran pemilukada, diperkirakan  ada 8 (delapan) bakal calon, 5 (lima) diperkirakan berasal dari partai politik atau gabungan partai politik dan 3 (tiga) dari jalur independen atau perseorangan.

Bupati Jepara, Hendro Martodjo pada suatu forum pernah menyampaikan prediksinya, setidaknya akan ada 6 (enam) pasang yang akan mengikuti pemilukada nanti, 3 (tiga) dari partai politik atau gabungan partai politik dan 2 (dua) dari independen atau perseorangan.

Memang secara hitungan matematis di atas kertas, berdasarkan konfigurasi hasil pemilu 2009 yang lalu, baik melalui jumlah perolehan suara sah ataupun perolehan jumlah kursi di DPRD kabupaten Jepara, dari partai politik atau gabungan partai politik bisa memunculkan sampai 6 pasangan calon dalam pemilukada mendatang, sementara yang dari jalur perseorangan atau independen  karena pemenuhan syarat dukungan hanya 3 % dari jumlah penduduk yang ada, jika boleh disebut mudah, akan dapat memunculkan pasangan calon lebih banyak lagi.  Namun demikian berapa calon jalur perseorangan ini sangat tergantung siapa tokoh yang nanti berhasil memenuhi persyaratan tersebut,  untuk bisa mendaftar sebagai pasangan calon pemilukada nanti.

Tunggu tahapan Pencalonan

Pekan lalu, KPU Jepara menggelar pertemuan dengan partai-partai politik, kemudian berikutnya lagi dengan tokoh-tokoh masyarakat yang disebut-sebut bakal nyalon lewat jalur independen atau perseorangan. Pertemuan ini disampaing untuk sosialisasi tahapan pemilukada terutama yang berkaitan dengan pencalonan, juga sekaligus untuk mengkonfirmasi dan meng-update bagiamana perkembangan pencalonan yang tengah terjadi di mereka dan persiapannya. Dan sebagaimana kita bisa memakluminya, baik partai politik maupun tokoh-tokoh yang hadirpada saat itu semua menyatakan, sampai sekarang ini masih berproses. Bahkan mereka menyampaikan masayarakat tak perlu mengkhawatirkan kondisi ini, pasti pada saatnya kami akan selesai dalam menentukan siapa calon yang akan maju dalam pemilukada nanti.

Memang,  jika ditilik dari jadwal dan tahapan pemilukada yang telah ditetapkap oleh KPU, tahapan pencalonan masih akan dilaksanakan pada bulan Oktober – Nopember mendatang. Pada tanggal 6 – 10 Oktober, bagi calon independen mulai dibuka untuk penyerahan dukungannya sebagai syarat untuk dapat mendaftar, sementara untuk pendaftaran calon, baru akan dilakukan bulan Nopember, atau tepatnya tanggal 2 – 8 Nopember 2011. Sedangkan penetapan calon masih akan dilalukan pada tanggal 15 Desember nanti. Jadi praktis, secara keseluruhan berapa calon yang bakal maju, baru bisa diketahui pada bulan Nopember, dan kepastian berapa pasangan calon yang menjadi peserta dalam pemilukada di Jepara ke depan pada bulan Desember.

Pemilukada harus tetap sukses

Berkaitan dengan pencalonan ini, kita tidak boleh mengulang pemilukada yang lalu, yang karena kebutuhan minimal 2 (dua) pasangan calon sesuai ketentuan perundang-undangan belum terpenuhi, akhirnya pemilukada urung dilaksankan, terjadi pengunduran pelaksanaan sampai  terpenuhinya minimal 2 (dua) pasangan calon itu.

Sekarang meskipun belum belum diketahui kepastian siapa saja yang bakal menjadi calon, pemiluikada yang tengah kita jalani ini harus tetap berjalan  dengan lancar dan sukses. Melihat banyaknya nama-nama yang ada, kita tentu yakin bahwa pelaksanaan pemilukada tak akan mengalami kejadian seperti masa lalu itu. Bagi penyelenggara berapapun pasangan calon yang nanti menjadi peserta pemilukada diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme yang akan berjalan nanti. Yang terpenting dari semua ini adalah pemilukada harus berjalan sukses, berapa calon dalam pemilukada nanti, mari kirta tunggu dangan semangat.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: