Menunggu Calon Perseorangan

Hari-hari ini kegiatan di KPU jepara terasa makin padat, Sabtu-Minggu yang biasanya libur, kali ini tetap masuk, KPU tetap menjalani aktivitas tahapan yang sedang berjalan.

Memang, sejak 6 Oktober kemarin KPU resmi membuka pendaftaran bagi calon perseorangan atau independen. Dalam masa ini bakal pasangan calon perseorangan dipersilahkan menyerahkan dokumen dukungannnya kepada KPU sebagai syarat agar bisa mendaftarkan diri di tahapan selanjutnya. Kegiatan ini berlangsung selama 5 (lima) hari, dan akan berakhir hari Senin, 10 Oktober ini.

Untuk menjalani tahapan ini, KPU kini tengah inten mempersiapkan segala sesuatunya, disamping kesibukan pekerjaan menunggu pasangan calon perseorangan yang akan menyerahkan dokumen dukungan, juga melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) bagi PPK/PPS tentang tata cara verifikasi dukungan calon perseorangan ini.

Belum ada yang mendaftar

Tahapan pencalonan ini sebenarnya merupakan jawaban dari pertanyaan berapa dan siapa saja pasangan calon yang akan maju dalam pemilukada kita nanti. Kegiatan ini juga boleh jadi jawaban dari persepsi publik mengeni kurang gregetnya pelaksanaan pemilukada dalam beberapa hari yang lalu. Kendati tahapan telah berlangsung selama 4 (empat) bulan, namun grengsengnya dianggap masih ‘adem-ayem’ .

Ya, dari 4 (empat) komponen pokok penyelenggaraan pemilukada, yakni anggaran, penyelenggara, pemilih dan peserta, hanya kata yang disebut terakhir inilah yang masih belum menampakkan kesiapannya. sementara 3 (tiga) lainya telah siap dan tidak ada masalah. Soal anggran, kita semua tahu bahwa sudah jauh-jauh hari sebelum penyelenggaraan pemilukada dimulai, mengenai anggaran ini telah selesai dan tidak ada masalah, begitu juga penyelenggara mulai dari KPU, PPK, PPS sudah 4 (empat) bulan ini telah melaksanakan setiap tahapan dengan baik dan lancar, sedangkan pemilih, yakni warga yang nanti memilih, saat ini sedang diproses KPU kesiapannya dalam tahapan pemutakhiran daftar pemilih. Nah,  justru pemilih inilah yang mempertanyakan kesiapan peserta pemilukada, berapa dan siapa saja mereka. Dan tahapan pencalonan ini mestinya akan menjawab pertanyaan publik ini.

Masih yang terkait dengan pencalonan perseorangan, KPU Jepara telah resmi membuka pendaftaran ini, namun sampai hari ke 4 (empat) kemarin belum ada yang menyerahkan syarat dukungannya kepada KPU. Nama-nama yang sebelumnya disebut-sebut akan maju melalui jalur independen ini juga belum menunjukkan sinyal-sinyal akan mendaftar, bahkan informsi yang berkembang nama-nama tersebut menyatakan beralih mau maju lewat kendaraan partai.

Saat ini waktu dan Kesempatan untuk mendaftar tinggal hari ini( Senin, red), KPU tetap akan menanti pergerakan para pasangan calon ini, KPU akan tetap menunggu dan memastikan  pendafataran perseorangan ini sampai pukul 24, 00 nanti, siapa yang akhirnya akan mendaftar nanti atau tidak ada sama sekali.

Syarat dukungan

Bagi pasangan calon pereseorangan ini, sesuai ketentuan yang berlaku, memang harus memenuhi persyaratan pencalonan terlebih dahulu. Yaitu harus didukung oleh paling sedikit 3 % dari jumlah penduduk di Jepara yang ditetapkan oleh KPU sebesar 33.336 pemilih dibuktikan dengan foto copy KTP atau dokumen kependudukan lainnya. Selanjunta juga harus memenuhi syarat sebaran dukungan, yakni tersebar di 50 % lebih dari jumlah Kecamatan di Jepara, yaitu 9 (sembilan) Kecamatan.

Persyaratan inilah yang barangkali sampai saat ini masih diproses pemenuhannya oleh para pasangan calon yang bakal maju melalui jalur independen ini. Agak disayangkan memang dalam waktu yang ‘darurat’  ini, para calon itu belum kelar persiapan persyaratan dokumen dukungannya, sehingga menyebabkan belum dapat menyerahkannya ke KPU.

Benarkah persyaratan dukungan ini dirasa ‘berat’ bagi pasangan calon perseorangan, mungkin saja iya, namun jawaban sesungguhnya dari pertanyaan ini tentu bergantung kepada mereka yang memilih jalur ini dalam pencalonan pemilukada. Regulasi memang telah mengaturnya demikian, pengalaman pemilukada dari daerah lain menunjukkan banyak juga yang berhasil menjadi calon pemilukada, meskipun persentase terpilihnya masih relatif sedikit. Artinya keberhasilan memenuhi syarat untuk maju menjadi calon perseorangan terbukti dapat dilalui dengan sukses, adapun soal terpilih atau tidaknya, kemungkinan (probability) dan kesempatannya untuk itu tentu sama dengan calon yang berasal dari partai atau gabungan partai politik.

Bagaimana dengan mereka yang akan maju dalam pemilukada kita ini ?, cukup lama sebenarnya publik telah disuguhi informasi dan wacana akan banyaknya tokoh yang maju lewat perseorangn ini. Nama-nama yang beredar selama ini cukup mendapat perhatian dari media dalam publikasinya, bahkan perkembangan mereka mulai awal telah diekspose oleh media, mulai dari sekedar kunjungannya ke KPU, deklarasi pencalonannya, sosialisasi yang dilakukan, sampai perkembangan usaha-usaha pemenuhan persyaratannya, media selalu tak lepas meliputnya. Dari sini publik sebenarnya telah terlanjur mengetahui bahwa mereka akan maju dalam pencalonan ini lewat jalur perseorangan.

Namun kini, disaat tahapannya telah dibuka, bahkan telah 4 (empat) hari terlewati, belum ada tanda-tanda mereka mendaftarkan diri ke KPU, bahkan pada saat bersamaan publik tengah membaca pemberitaan jikalau sebagian nama yang sebelumnya getol mau maju lewat jalur perseorangan tersebut, tengah melamar ke partai politik untuk pencalonannya. Mungkin saja nama-nama ini merasa pemenuhan dukungannya belum mecukupi sebagaimana yang dipersyaratkan, lantas beralih ke partai atau gabungan partai politik untuk kendaraan pencalonannya.

Dalam situasi seperti ini, sebagai penyelenggara, KPU tetap harus fokus pada pelaksanaan tahapan ini. KPU tetap harus menunggu waktu penyerahan dukungan ini sampai selesai. Pemberitaan media memang mengabarkan demikian, tetapi itu tidak semua nama yang selama ini diwacanakan maju lewat jalur perseorangan, masih ada yang lain, apalagi dinamika politik cepat berubah. Masih ada hari terakhir (hari ini, red), apakah pada akhirnya ada pasangan calon menyerahkan dukungan ke KPU atau tidak, mari kita tunggu bersama []./muslim asiha, Ketua KPU Jepara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: